Ticker

6/recent/ticker-posts

Motor Tiba-Tiba Mogok di Jalan, Apa yang Menjadi Penyebabnya?

Kendaraan roda dua menjadi produk otomotif yang mungkin paling banyak penggunanya sekarang. Apalagi dengan ukuran yang kecil tentunya akan sangat dibutuhkan untuk menempuh tujuan dengan cepat sekalipun terjadi macet di beberapa ruas jalan. Motor juga bukan hanya bisa dipakai untuk mengantar berangkat dan pulang kerja saja, tetapi lebih dari itu misalkan untuk mengantarkan pesanan kepada pelanggan atau bahkan pergi liburan menggunakan motor.

Banyak orang sekarang menggunakan motor untuk beragam aktivitas untuk jarak dekat maupun yang jauh. Sama halnya dengan kendaraan lain, tentunya motor juga harus dirawat dengan rutin karena tentu akan sangat berpengaruh terhadap performa. Jika tidak diservis, maka ada kemungkinan motor jadi kurang bertenaga atau bahkan bisa saja mogok saat sedang melintas di jalan.

Ketika mogok tentunya banyak orang yang panik apalagi tidak begitu mengerti tentang mesin, ada baiknya tetap tenang dan berpikir solusi terbaik. Sebaiknya ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebab mesin motor menjadi berhenti dan tidak mau menyala lagi, berikut penjelasannya. 

Cek bensin

Hal mudah pertama untuk memastikan motor jadi mogok yaitu bensin yang sudah habis karena pemilik lupa isi bensin atau dashboard motor tidak berfungsi sehingga tidak tahu kadar bensin dalam tangki. Jika memang ini penyebabnya, maka bisa mencari SPBU terdekat agar bisa mengisi bensin dan motor kembali menyala. 

Kran bahan bakar tertutup

Jika mesin tiba-tiba berhenti, maka penyebab kedua mungkin karena kran yang mengalirkan bahan bakar menuju komponen karburator tertutup karena memang tersumbat akibat kotoran yang menumpuk. Masalah ini bisa dengan mudah diselesaikan yaitu membersihkan area kran dari kotoran yang ada kemudian pasang kembali, maka kemungkinan motor akan nyala lagi. 

Masalah pada busi

Penyebab lainnya bisa jadi karena ada masalah pada busi karena saat ingin menyalakan motor maka komponen busi ini yang menimbulkan percikan api sehingga terjadi pembakaran antara bensin dengan udara. Jadi jika busi rusak, kemungkinan besar motor tidak akan bisa menyala maka harus dicek lebih lanjut. Jika memang ujungnya kotor, maka bisa dibersihkan tetapi jika memang tidak bisa berfungsi lagi maka bisa ganti dengan yang baru. Cek juga kabel busi apakah ada yang putus atau tidak, kemudian cek juga apakah pemasangan busi sudah benar atau butuh perbaikan. 

Oli habis

Salah satu yang menyebabkan motor harus menepi di pinggir jalan karena oli mesin sudah habis apalagi oli menjadi komponen yang penting. Dengan adanya oli mesin maka gesekan antar komponen pada mesin akan halus sehingga tidak ada panas yang berlebihan. Jika oli habis karena ada kebocoran, maka gesekan akan kencang sehingga menimbulkan overheat dan mesin akan mogok. 

Itulah beberapa penyebab motor jadi mogok, tentunya jika motor sudah terlalu sering mogok akan membuat pengemudi kesal. Maka sudah mulai berpikir untuk dijual dengan cepat dengan mengikuti titip lelang motor yang diadakan langsung oleh IBID. Siapa saja bisa mengikuti program ini dan tentunya harus mendaftar dahulu agar bisa menjual kendaraan motor.

Setelah daftar, dilanjutkan dengan isi formulir kemudian cek kendaraan di lokasi yang ditentukan. Jika sudah, maka akan diberitahu harga yang pas untuk motor yang akan dilelang dan setelah semua pihak sepakat, maka kendaraan akan langsung dilelang, simpel kan? gabung IBID sekarang juga.

Posting Komentar

0 Komentar